Wednesday, February 3, 2016

Cara Memperbesar Memori Internal Android Dengan Xposed Installer

Gadget Android Terbaru kali ini berbagi artikel yang membahas tentang Cara Memperbesar Memori Internal Android Dengan Xposed Installer
Memperbesar kapasitas memori internal sangatlah penting, karena akan mempengaruhi kinerja dan performa hp Android kita menjadi lebih baik dan responsif. Sebenarnya untuk melakukannya dibutuhkan akses root di ponsel Android. Root Android merupakan suatu proses open system, di mana proses pemberian hak akses penuh (tak terbatas) terhadap pengguna untuk dapat mengakses sistem OS Android dalam mode super user. Dengan akses root, pengguna Android bisa dengan sesuka hati mengkustom sistem OS Android, baik itu tuning performa OS, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri.

Kebetulan hp yang saya pakai ialah hp Android LG L70 D325 Dual dengan versi OS Kitkat. Hp LG L70 yang saya miliki yang kapasitas memori internalnya hanya 4GB, dan itupun semakin diperkecil menjadi 1,5GB karena dipakai sistem Android itu sendiri.


Dengan kapasitas segitu bagi saya sangat kurang, karena saya sering menginstal aplikasi-aplikasi di PlayStore seperti game. Ya, kebanyakan game-game HD yang tersedia di Playstore memiliki kapasitas yang besar, seperti game  Let's Get Rich. Meskipun game tersebut hanya berkapasitas 48,46MB, namun setelah di instal ternyata game tersebut melakukan update secara internal sehingga memakan memori yang lebih besar yang tersimpan di cache.

Selain itu, untuk meminimalkan pemakaian RAM ponsel, saya menghapus aplikasi-aplikasi bawaan ponsel yang sekiranya tidak begitu dibutuhkan seperti Google Play Book, Google Play Film, dll. Jika Anda tidak ingin menghapusnya, Anda juga bisa menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut, namun tetap saja masih memakan memori walaupun sedikit.

Dan lagi, ketika saya menginstal aplikasi-aplikasi di Playstore, saya langsung memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal (Kartu SD). Ada beberapa aplikasi yang bisa dipindahkan secara langsung ke Kartu SD, namun ada juga aplikasi yang tidak bisa dipindahkan secara langsung. Untuk itu, saya menggunakan aplikasi Xposed Installer agar bisa memindahkan semua aplikasi yang telah saya download ke Kartu SD. Tapi, untuk aplikasi bawaan hp tidak bisa dipindahkan ke Kartu SD, jadi Anda hanya bisa memindahkan aplikasi-aplikasi bukan bawaan hp tersebut.

Ingat! Untuk melakukan langkah-langkah ini, syarat wajibnya adalah hp Android Anda harus sudah di-root.

Langsung saja, step by stepnya berikut ini.


1. Download aplikasi Xposed Installer.apk di sini.
2. Instal aplikasinya. (lakukan proses instalasi seperti biasa)

3. Setelah diinstal, buka aplikasinya. Lalu, pilih "Framework".

4. Pilih "Don't show this again"

5. Kemudian, Pilih "Install/Update".

6. Tekan "OK", lalu hp Anda merestart secara otomatis. Jika tidak reboot otomatis, silakan lakukan reboot secara manual. (Proses instalasi framework membutuhkan reboot ponsel)
Tunggu proses restart selesai. Kemudian masuk ke langkah selanjutnya.
7. Buka aplikasi Xposed Installer, pilih "Download".

8. Silakan search "XInstaller", lalu download.


9. Setelah didownload, silakan kembali ke menu utama, lalu pilih "Modules"

10. Centang pada XInstaller.

11. Setelah dicentang, masuk lagi ke "Framework".

12. Pilih "Soft Reboot"
Tunggu proses reboot selesai.
Untuk proses setting XInstaller:
1. Buka aplikasi XInstaller.
2. Pilih menu "App info".

3. Centang pada "Moving apps".
4. Setting selesai.

Selanjutnya, untuk proses memindahkan aplikasi ke SD Card, silakan ikuti langkah berikut ini:
1. Buka Settings/Pengaturan > Pilih Umum

2. Pilih "Aplk/Aplikasi"

3. Pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke SD Card.

4. Pilih "Pindah ke kartu SD" atau "Move to SD Card"

5. Well done.

Dengan cara ini, memori internal hp Anda bakal lebih ringan dalam mengoperasikan sistem Android Anda. Entah Anda ingin main game, bbm an, browsing, hp Anda akan lebih responsif seperti hp baru. Saya sudah merasakannya. Meskipun kapasitas memori internal hp saya terbilang kecil, namun dengan melakukan langkah-langkah di atas, hp Android saya lebih mantap dalam menjalankan semua aplikasi yang ada di hp saya.

Well, sekian dan terima kasih.

0 comments:


Top